Senin, 01 Desember 2014

1 DESEMBER, PAPUA TETAP TERKONTROL

1 Desember memiliki arti bagi sekelompok masyarakat Papua. Mereka menamakannya sebagai hari kemerdekaan Papua, atau Hari Papua Merdeka. Namun seiring jalannya waktu kini, masyarakat papua tidak lagi terlalu mementingkannya lagi.

Meski begitu aparat keamanan TNI-Polri tetap melaksanakan siaga 1 guna mengantisipasi adanya kejadian-kejadian yang tidak diinginkan,  karena dilihat dari tahun-tahun sebelumnya banyak terjadi tindakan kriminal dan pengibaran bendera bintang kejora yang di lakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).

TNI-Polri berusaha membuat tanggal 1 desember kali ini aman terkendali tanpa ada pertikaian yang dapat merugikan satu sama lain, siaga yang dilakukan sampai tanggal 2 Desember ini bertujuan agar papua aman dari tindakan-tindakan OPM.

Masyarakat asli papua dan non papua yang berdomisili dipapua masih banyak yang trauma dengan 1 Desember di tahun-tahun sebelumnya karena banyak kejadian kriminal yang dilakukan oleh OPM, masyarakat lebih banyak berdiam diri dirumah masing-masing, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di papua, setiap instansi pemerintahan maupun instansi masyarakat off day atau diliburkan karena untuk mengantisipasi tindakan krimilnal yang kemungkinan besar akan dilakukan oleh OPM. Polda papua dan jajaranya di back up oleh TNI melakukan Razia benda tajam agar papua tetap aman di 1 Desember ini.

Untuk itu demi menjaga keamanan agar tetap terkontrol dihimbau kepada masyarakat agar saling bekerja sama dengan segera melaporkan kepada aparat keamanan jika terjadi hal-hal menonjol atau tidak biasa, dan jangan mengambil langkah sendiri.
hari Natal dan Tahun baru sudah didepan mata, jangan karena salah mengambil langkah, kita tidak bisa merayakan hari besar ini.

0 komentar:

Posting Komentar