Selasa, 14 April 2015

“KNPB Bubar, Papua Akan Semakin Damai”

Kelompok KNPB bukan organisasi resmi dalam Republik Indonesia karena tidak terdaftar pada Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). KNPB dikategorikan sebagai organisasi terlarang. KNPB dipandang sebagai organisasi bawah tanah yang menggerakkan OPM. Keberadaan KNPB  telah menjadi  beban bagi aparat keamanan, TNI maupun Polri karena terkadang bertindak anarkis.

Organisasi seperti KNPB sudah selayaknya dibubarkan karena  bertentangan Pancasila dan UUD 1945 yang merupakan landasan hukum bangsa indonesia.Karenanya, kemunculan KNPB sendiri dibentuk sebagai organ politik yang pada dasarnya sebuah perwujudan perlawanan politik melawan pemerintah pusat. Terbukti dengan secara terang-terangan melakukan perlawanan Politik semua sikap apapun yang disuarakan organisasi ini adalah sikap politik melawan pemerintah.

Bahkan setiap orasinya selalu melakukan perlawanan dan kekerasan terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang dapat menghambat program pemerintah terkait kebijakan untuk kesejahteraan Masyarakat Papua.

Salah satu contoh perlawanan dan kekerasan yang dilakukan oleh KNPB ialahbentrokan dengan aparat keamanan di Deikai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, Kamis (19/3). Dengan melakukan perampasan senjata milik Kepala Satuan Intelkam Polres Yahukimo saat pembubaran aksi penggalangan dana Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Kamis (19/3/2015). Dalam kejadian ini, sejumlah warga sipil terluka akibat penyerangan yang dilakukan oleh ratusan massa KNPB Konflik menyebabkan 20 orang luka-luka. Sebanyak 300 keluarga pun mengungsi ke Markas Kepolisian Resor Yahukimo dan masjid.

Aktivitas perekonomian di Yahukimo setelah kejadian tersebut dikabarkan sempat lumpuh beberapa waktu karena warga memilih menutup rumah dan berdiam diri dari pada terkena imbas dari aksi kelompok KNPB.



Mungkin dengan melakukan hal seperti itu mereka (KNPB), berbangga hati dan akan membuat gebrakan-gebrakan lagi yang dapat merugikan negara Indonesia ini. Untuk itu diharapkan kepada aparat keamanan dan komponen penting dalam hal ini untuk segera membubarkan Kelompok yang hanya akan merusak negara Indonesia ini, masyarakat harus mendukung hal ini, kerena dengan bubarnya KNPB, akan mempererat dan menciptakan situasi damai  diwilayah Papua.

0 komentar:

Posting Komentar