Rabu, 17 September 2014

Pentingnya Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja di Papua

Papua merupakan pulau kaya yang memiliki Budaya dan tempat Pariwisata yang sangat bagus, bukan hanya itu, masyarakatnya juga ramah-ramah serta banyak Wistawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pulau paling timur Indonesia ini, hanya saja di papua khususnya di kota Jayapura cukup banyak remaja-remaja yang belum menyadari betapa pentingnya kesehatan reproduksi. Kesehatan Reproduksi merupakan suatu keadaan seseorang baik secara fisik dan mental, agar terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, seorang remaja sangat mudah /rentan terpengaruh oleh hal-hal negatif yang menurutnya wajar karena merasa sudah besar dan bisa melakukan apa saja.

Masa remaja adalah masa yang paling indah karena pada masa-masa inilah banyak perubahan yang kita alami mulai dari perubahan fisik maupun sikap. Dari yang tadinya tidak tahu menjadi ingin tahu dan banyak juga remaja-remaja di papua terjebak dan tidak sadar betapa pentingnya Kesehatan reproduksi bagi dirinya, contohnya seperti remaja-remaja yang yang positif mengidap penyakit HIV-AIDS dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Di era sekarang tingkat kesadaran remaja-remaja Papua masih rendah dan belum nampak soal Kesehatan Reproduksi. Mereka seolah menikmati hal-hal yang sudah jelas di larang oleh agama dan tidak pantas dilakukan. Sudah banyak remaja-remaja papua, laki-laki maupun perempuan yang terjebak dengan hal-hal negatif dan lupa akan pentingnya kesehatan reproduksi karena menganggap hal-hal negatif seperti sex bebas merupakan hal yang lumrah dan sudah biasa di jaman sekarang.kebanyakan hal Ini terjadi akibat salah dalam bergaul, ekonomi rendah, dan kurang pengawasan dari orang tua remaja tersebut.


Di harapkan kepada orang tua agar lebih jeli dan saling terbuka dengan anaknya yang baru tumbuh sebagai remaja, karena orang tualah yang menjadi contoh baginya. Kesehatan reproduksi bagi remaja merupakan hal yang sangat penting karena menyangkut dengan masa depan yang nantinya bakal menjadi generasi penerus bangsa, untuk itu mari tingkatkan kesadaran dan saling memberitahu kepada sesama serta hindari pergaulan-pergaulan bebas yang justru akan merusak generasi muda bangsa ini. A-P

0 komentar:

Posting Komentar