Senin, 10 Agustus 2015

SEJARAH SINGKAT KEMERDEKAAN NKRI

Kemerdekaan indonesia diawali terjadinya Bom Atom pada tanggal 6 Agustus 1945 yang diluncurkan oleh Amerika Serikat terhadap jepang sehingga menurunkan moral masyarakat jepang, terlebih tentara-tentara jepang diseluruh dunia. Berhubung kejadian itu indonesia bertekat untuk membangun kemerdekaan indonesia dengan mengganti nama BPUPKI menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), Bom Atom kedua diluncurkan kembali oleh Amerika Serikat pada tanggal 9 Agustus 1945 terhadap jepang diatas Nagasaki menyebabkan jepang menyerah terhadap Amerika Serikat dan sekutunya, Momen ini kemudian dimanfaatkan masyarakat indonesia untuk mempromlasikan kemerdekaannya.

Pada saat itu IR Soekarno sebagai pemimpin PPKI dan Radjiman Wedyodiningrat sebagai mantan ketua BPUPKI diterbangkan ke Dalat bertujuan bertemu Marsekal Terauchi, mereka mendapatkan informasi bahwa jepang akan menyerah kepada indonesia dan akan memberikan kemerdekaan kepada indonesia dengan menyatakan kemerdekaan indonesia sebagai hadiah dari jepang, namun indonesia menolak pernyataan bahwa kemerdekaan indonesia bukanlah hadiah dari jepang. sementara itu Pahlawan Kita di indonesia mendengar informasi yang diberitakan lewat radio bahwa tentara jepang menyerah kepada sekutu.

Jepang menginginkan kemerdekaan indonesia dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 1945, Dua hari kemudian, saat Soekarno, Hatta dan Radjiman kembali ke tanah air dari Dalat, Sutan Syahrir mendesak agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan karena menganggap hasil pertemuan di Dalat sebagai tipu muslihat Jepang, dengan hal itu IR Soekarno menolak keinginan jepang kalau indonesia merdeka dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 1945 sehingga IR Soekarno berupaya agar kemerdekaan indonesia berlangsung lebih cepat. Pada tanggal 14 Agustus 1945 jepang menyerah kepada tentara sekutu Amerika Serikat, setelah mendengar desas desus jepang  menyerah, Pejuang indonesia mendesak kepada golongan atas untuk mempercepat kemerdekaan indonesia dengan memproklamasikannya sebagai simbol kemerdekaan. Dengan hal ini golongan atas pun mengatur strategi agar pada saat proklamasi kemerdekaan indonesia tidak terjadi pertumpahan darah, konsultasipun dilakukan pada saat rapat PPKI, Pejuang indonesia menolak terjadinya rapat itu mengingat Badan PPKI dibentuk oleh jepang dan mereka memperkuat bahwa indonesia merdeka bukanlah bentuk hadiah yang diberikan oleh jepang kepada indonesia. Pada tanggal 16 Agustus 1945 IR Soekarno mempersiapkan kemerdekaan indonesia kemudian diumumkan tepat pada tanggal 17 Agustus 1945.

kita sebagai masyarakat indonesia sekarang ini wajib bersyukur dan berterimakasih kepada pejuang indonesia pada saat itu yang sudah bersusah payah membela tanah air meski pertumpahan darah menjadi taruhannya. Sudah seharusnya kita memanfaatkan momen kebebasan ini dengan tidak melakukan tindakan-tindakan tidak terpuji yang mengakibatkan kerugian pada masyarakat indonesia, mengingat sering terjadinya tindakan kriminal, korupsi, pemasaran produk ilegal itu merupakan tindakan yang sangat tercela yang dapat merugikan orang banyak, hal itu sama saja memerangi bangsa kita sendiri. Semoga negara ini tetap merdeka dari ancaman peperangan bangsa lain maupun bangsa kita sendiri. ap

0 komentar:

Posting Komentar